Ini Dia 10 Pengembang Terbaik Indonesia 2021 Versi BCI Asia

JAKARTA, KOMPAS.com – BCI Asia memberikan penghargaan kepada 10 pengembang terbaik di Indonesia pada tahun 2021. Apresiasi ini didedikasikan kepada perusahaan pengembang yang membangun dan merancang properti dengan volume terbesar, menciptakan desain bangunan hijau, dan ramah lingkungan serta memiliki desain interior yang mengesankan.

Selain Indonesia, penghargaan ini juga diberikan kepada tujuh negara di Asia lainnya yaitu Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. “Penghargaan ini juga ditujukan untuk mendorong terciptanya arsitektur yang bertanggung jawab secara sosial,” seperti dikutip dalam laman BCI Asia, Kamis (03/06/2021).

Kesepuluh pengembang yang mendapat BCI Asia Awards 2021 merupakan perusahaan yang memiliki nilai agregat terbesar dari proyek yang sedang dibangun selama tahun kalender penuh terakhir. Mereka juga dinilai berdasarkan keberlanjutan pembangunan, peringkat bangunan hijau dan ramah lingkungan.

Berikut 10 pengembang terbaik Indonesia:
1. PT Intiland Development Tbk Intiland Deveplopment mengembangkan sejumlah proyek prestisius yakni South Quarter-SQ Res Tower E, South Quarter-SQ Res Tower D, Town House 1 Park Homes dan South Grove (Fase 1).
2. PT Alam Sutera Realty Tbk Proyek terbaru pengembang ini adalah Suvarna Sutera-Suvarna Sari: Flavio Cluster, Lloyd Alam Sutera, dan Suvarna Jati-Dhana Cluster (Fase 2).
3. PT Ciputra Development Tbk Proyek teranyar yakni Citraland Tallasa City-Silver Sand Cluster, Citra Sentul Raya River Park-Seine Cluster (Fase 1), dan Barsa City Yogyakarta-Cornel Apartment.
4. PT PP Properti Tbk Proyek terbaru BUMN ini adalah Grand Samaya-Aubrey Tower, Grand Samaya-Verney Tower, Grand Samaya-Rishley Tower dan Prime Park Hotel & Convention Lombok (Bintang 4).
5. PT Jaya Real Property Tbk Proyek yang sedang dikerjakan mencakup Pasar Senen Jaya-Trade Center: Block 1 & 2, Bintaro Jaya-U Ville, dan Bintaro Jaya Xchange Extension (Fase 2).
6. Sinarmas Land Proyek terbarunya yaitu BSD City-Aure & Amata Cluster@The Mozia, BSD City-Provence Suites dan BSD City-Serene Living: The Savia Clubhouse
7. PT Summarecon Agung Tbk Proyek terbaru yang tengah digarap Summarecon Bekasi-Morizen Cluster (Fase 2), Summarecon Serpong-Symphonia: Martinez Cluster (Fase 1), dan Summarecon Bandung–Emily Cluster (Fase 1).
8. SwanCity Proyek terbarunya yaitu Lavon Swan City Cikupa-Grandura Cluster (Fase 1 dan 2), dan Lavon Swan City Cikupa-Regalia Cluster (Fase 1 dan 2)
9. PT Agung Podomoro Land Tbk Podomoro Land juga memiliki sejumlah proyek anyar yaitu Podomoro Park-Amagriya Dwi Cluster, Podomoro Park-Amagriya Eka Cluster, Podomoro Golf View: Podomoro River View, Iroko Cluster, dan Taruma Shopping Arcade (Fase 1).

10. PT Wijaya Karya Realty Proyek terbarunya yaitu Tamansari Emerald Apartment dan Tamansari Swarna Residence Palembang-Ruma Limar Cluster.