Selama Pandemi Ternyata Jadi Waktu Terbaik Beli Apartemen

Siapa sangka, di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini justru merupakan waktu terbaik beli apartemen atau jenis residensial lainnya. Indonesia Property Watch atau IPW menilai, hal tersebut disebabkan adanya sejumlah faktor serta bonus dan kemudahan yang diberikan oleh para pengembang serta pihak perbankan.

Tentu saja, semua itu akan sangat menguntungkan bagi para pembeli hunian tersebut. Mulai dari program suku bunga yang terjangkau atau pembayaran down payment yang justru dibayarkan oleh pengembang itu sendiri untuk menggaet para konsumennya.

IPW berpendapat, kondisi pandemi Corona virus saat ini sebenarnya berbeda dengan kondisi krisis ekonomi di tahun 1998 silam. Pasalnya, saat krisis ekonomi terjadi financial crash yang membuat daya beli masyarakat menjadi sangat lemah.

Namun, dalam kondisi pandemi seperti saat ini, daya beli masyarakat, khususnya kelas menengah atas masih cukup tinggi. Hanya saja, mereka cenderung menahan diri untuk melakukan spending karena berbagai faktor.

Padahal, saat ini adalah momentum paling tepat bagi para investor maupun end user untuk membeli hunian ataupun properti lain. Sebab, ada banyak pengembang yang justru menawarkan beragam promo menguntungkan.

Misalnya saja promo yang dilakukan oleh Sinarmas Land. Mereka membayarkan uang muka bagi para konsumennya dengan tajuk Move in Quickly.

Dalam keterangan resminya, Strategic Business & Services Group Division Head Sinar Mas Land Alim Gunadi menjelaskan bahwa konsumen yang membeli tunai produk properti tertentu SML akan mendapatkan diskon hingga 20 persen.

Kemudahan juga diberikan pada pembelian semua produk SML. Untuk apartemen, konsumen bisa memilih antara apartemen pilihannya Casa de Parco dan Akasa.

Jadi ibaratnya, saat ini posisi pembeli berada di atas, memiliki daya tekan untuk memilih produk sesuai keinginan.

Selain Sinarmas Land, diketahui pula ada banyak pengembang properti yang meluncurkan berbagai strategi pemasaran. Mereka tak ragu untuk memberikan potongan harga jual, gratis BPHTB, hingga keringanan pembayaran.

Alhasil, saat ini konsumen bisa membeli hunian sebagai kebutuhan pokok dengan harga kompetitif. Ditambah lagi dengan berbagai kemudahan kredit dari pihak perbankan yang telah berkomitmen dengan para pihak pengembang tersebut.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, kapan waktu terbaik beli apartemen? Harga apartemen memang terkadang tak masuk akal. Besarnya cicilan, dokumen administrasi yang memusingkan, dan biaya pemeliharaan jadi alasan utama mengapa orang-orang sulit membeli apartemen.

Namun percayalah, memiliki apartemen secepatnya adalah sesuatu yang menguntungkan. Karena itu beberapa konsultan menyarankan waktu terbaik beli apartemen adalah sekarang. Pertama, karena harga apartemen selalu naik yang artinya semakin lama kamu menunda, semakin besar pula biaya yang akan kamu keluarkan.

Kedua, membeli apartemen adalah bentuk investasi. Jadi mengapa harus menabung dulu untuk beli apartemen? lebih baik beli apartemen untuk menabung.

Meski ada banyak alasan untuk secepatnya beli apartemen, tetapi tetap ada beberapa kondisi dimana kamu berada pada waktu terbaik untuk beli apartemen:

1. Memiliki status sebagai pekerja tetap

Ketika ingin membeli apartemen, perhatikan dulu status pekerjaanmu. Apakah saat ini kamu berstatus sebagai pekerja kontrak atau pekerja tetap. Hal ini penting, sebab nantinya penghasilan per bulanmu akan dianggarkan secara tetap untuk memenuhi cicilan apartemen. Utamanya kalau kamu mau mengajukan KPA.

Ketahuilah, bagi kamu yang masih berstatus pekerja kontrak biasanya tidak akan diprioritaskan oleh bank ketika ingin mengajukan cicilan apartemen. Pasalnya, kamu dianggap belum berkapasitas dan stabil secara finansial.

2. Ketika telah memiliki investasi lain

Apabila kamu sudah berinvestasi sejak lama, maka kamu sudah mengambil langkah yang tepat. Dengan berinvestasi, dana yang kamu tanamkan akan terus tumbuh dan tidak tergerus inflasi sehingga akhirnya dana tersebut bisa digunakan untuk membeli apartemen.

3. Ketika tingkat suku bunga rendah

Suku bunga menjadi salah satu faktor yang menentukan kapan saat paling tepat bagi kamu untuk membeli apartemen. Apabila kamu memiliki cukup uang untuk membeli apartemen, sebaiknya perhatikan tingkat suku bunga cicilan saat itu. Jika suku bunga sedang tinggi, sebaiknya tunggu hingga turun terlebih dulu.

Dan perlu kamu ketahui, saat ini suku bunga cicilan sedang dalam keadaan yang sangat rendah.

4. Memastikan kondisi keuangan dalam posisi terbaik

Poin satu ini juga penting bagi kamu yang berniat membeli apartemen. Pastikan keuanganmu saat akan membeli atau mencicil apartemen berada di kondisi terbaik. Bila kamu masih memiliki cicilan kendaraan atau utang yang terbilang cukup besar, sebaiknya tahan dulu niatmu untuk memiliki apartemen

Selain itu, ada baiknya juga cicilan rumah tidak lebih dari 30 persen pendapatan bulanan agar keuanganmu tidak terganggu.

Itulah waktu terbaik buat beli rumah, terutama saat ini dimana pandemi corona telah membuat para pengembang memberikan keringanan dan kemudahan dalam membeli apartemen. Tetapi tetap jangan lupa, pastikan kondisi keuangan kamu terlebih dulu.

 

sumber: