Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Warga Senang, Mau ke Mana-mana Jadi Cepat

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – Tol Kunciran-Serpong yang telah diresmikan, Jumat (6/12/2019), disambut baik oleh warga Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Mereka antusias dengan adanya tol tersebut yang dinilai dapat mempercepat perjalanan untuk pergi ke satu tujuan. Wenny (51), warga setempat, mengaku sangat senang dengan diresmikannya jalan tol yang selama ini ia lihat pembangunannya dari depan rumah. “Senang sih karena perjalanan mau ke mana-mana lebih cepat. Tapi ada tidak senangnya juga, nanti pasti bakal berisik. Ada senang tidak senang jadinya,” ujarnya seiring tawa. Menurut Wenny, dengan adanya Tol Kunciran-Serpong yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo, warga setempat hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk sampai ke pintu tol terdekat.

 

“Saya hanya muter dikit sudah di Pintu Tol Parigi,” ucapnya. Warga lainnya, Roby (26), mengaku senang dengan keberadaan tol yang dapat mempercepat perjalanannya sebagai sopir taksi online untuk sampai ke satu tujuan. “Iya kadang kalau saya lagi narik inginnya cepat aja. Turunin penumpang, terus dapet orderan narik lagi. Kalau ada tol ini tidak masalah keluar duit dikit tapi kan orderan banyak, bisa balik modal,” katanya. Tol Kunciran-Serpong terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu paket I Kunciran-Parigi sepanjang 6,7 kilometer yang digarap oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Paket II Parigi-Serpong sepanjang 4,4 kilometer yang digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk (KSO). Pembangunan Tol Kunciran-Serpong menelan dana sekitar Rp 2 triliun. Rinciannya, nilai kontrak paket I Rp 1,4 triliun, sedangkan paket II senilai Rp 600,3 miliar. Sumber pendanaannya diusahakan sendiri oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) sebagai pemegang konsesi.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Warga: Senang, Mau ke Mana-mana Jadi Cepat”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/12/06/18590021/tol-kunciran-serpong-diresmikan-warga-senang-mau-ke-mana-mana-jadi-cepat.
Penulis : Muhammad Isa Bustomi
Editor : Irfan Maullana